Daftar Lampiran Berkas Surat Lamaran Kerja

Daftar Lampiran Berkas Surat Lamaran. Melamar kerja itu gampang, yang susah adalah keterimanya. Dari sekian puluh kali saya melamar kerja, hampir semuanya mendapatkan panggilan untuk test dan wawancara. Sayangnya saya selalu kalah pada saat test. Nah, Kali ini saya akan kasih daftar lampiran berkas surat lamaran yang harus diserahkan pada saat melamar. Oh ya, saat ini melamar kerja cukup mudah, kita gak perlu cape-cape datang langsung ke perusahaan yang dituju untuk menyerahkan berkas lamaran, dan biasanya akan diterima oleh Satpam penjaga kantor tersebut, kalau beruntung ya si satpam langsung ngasih ke bagian personalia. Tapi kadang ada juga satpam yang jail dan surat lamaran kita gak diserahkan ke bagian personalia, tapi dibuang.

Kalaupun surat anda sudah ada di bagian personalia, yakin deh disana sudah menumpuk surat lamaran dari banyak pelamar yang sudah lebih dulu melamar. Cara ampuh melamar pekerjaan yakni melihat lowongan pekerjaan terlebih dahulu. Saya sarankan jangan lihat di koran, tapi lihat di beberapa situs online lowongan pekerjaan yang sudah terkenal semacam jobstreet atau JobsDb. Disana ada banyak lowongan pekerjaan yang bener-bener update dengan beberapa perusahaan yang memang terpercaya. Lihat lowongan pekerjaan tersebut, jika diminta untuk melamar secara online dengan mengirim berkas lamaran secaran online maka anda bisa langsung melamarnya melalui email yang disertakan pada informasi lowongan pekerjaan tersebut. Jika anda masih bingung cara mengirim surat lamaran secara lonline, anda bisa melihat artikel sebelumnya tentang "Cara mengirim Surat lamaran secara Online melalui Email".
Daftar lampiran berkas surat lamaran kerja
Nah berkas surat lamaran apa saja yang harus diserahkan pada saat mengirim surat lamaran? Berikut daftarnya:

1. Surat Lamaran Pekerjaan.
Berisikan surat permohonan melamar kerja, anda bisa melihatnya contohnya surat lamaran diartikel: Contoh surat lamaran Terbaru". Anda tinggal edit sesuai dengan kebutuhan.

2. CV
Berisikan daftar riwayat hidup anda mulai dari nama sesuai KTP kemudian riwayat pendidikan, rimayat pekerjaan dan keahlian yang dimiliki. Anda bisa melihat Contoh CV Terbaru.

3. Foto Copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

4. Foto Copy Ijazah Terakhir berserta dengan transkip nilai.

5. Sertifikat keahlian, seminar dan lain sebagainya.

6. Foto terbaru ukuran 4x6 atau 3x4.

Sebenarnya sudah cukup 6 poin diatas, anda gak perlu memasukan beberapa berkas lainnya seperti SKCK, Akte Lahir, atau lain sebagainya. Namun jika perusahaan yang anda tuju termasuk perusahaan besar atau perusahaan BUMN biasanya diminta melampirkan SKCK. Surat tersebut kemudian disusun dengan urutan foto terbaru dibagian atas, disusul oleh Foto Copy KTP, kemudian surat lamaran pekerjaan anda dan dibelakangnya CV. Paling belakang adalah Ijazah dan Tramskip Nilai berserta berkas lampiran lainnya.

Jika anda diminta mengirimkannnya secara online melalui email, maka anda harus melampirkan dokumen dari scan atau soft file yang sebelumnya telah anda email kan ke perusahaan. Itulah daftar berkas lampiran surat lamaran yang harus diserahkan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dari pengalaman yang saya alami, semuanya selalu sukses mendapat respon dari perusahaan hingga berkali-kali saya ikut test psikotes dan Wawancara. Semoga bermanfaat dan beruntung.

Lihat Aneka Contoh Surat Lainnya :

31 komentar:

  1. Thanks Infonya Bermanfaat Sekali... terbaik

    ReplyDelete
  2. Mau tanya dong.. kalo ijazah, ktp, transkip nilai emang bisa di scan? nanti berarti ngirim via emailnya dalam bentuk document bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP, ijasah dan transkip nilai akademik bisa discan. File dikirim by email dalam bentuk jpg atau pdf.

      Delete
    2. Iya bisa jpeg atau pdf kecuali formatnya sudah ditentukan oleh pihak perektut atau HRD.

      Delete
  3. Pas photo 2 lmbar mksudnya harus 2 atau 1 ja yg diupload nin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika peryaratannya 2 lembar foto itu harus dikirim via pos maka mba kirimkan 2 lembar foto bersama berkas lamaran via pos. Tapi jika terdapat opsi dikirim via email dan mba ingin melamar via email maka cukup upload foto 1x saja untuk dikirim ke email perusahaan.

      Delete
  4. Scannenya itu aslinya atau fotocopyannya gan?

    ReplyDelete
  5. okey gan sangat membantu infonya, saya sempet bingung apakah hanya melamprkian CV ( curiculum vitae) saja atau ditambah surat lamaran yang seperti biasanya. ternyata komplit dua-duanya dilampirkan.
    Thanks gan.. salam kenal yaaa... :)

    ReplyDelete
  6. Informasi ini sangat membantu saya, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  7. Berapa ukuran max file lampiran per item dan ukuran max secara keseluruhan agar dpt terkirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya engga ada ketentuan max size file nya. Size total sebaiknya tidak terlalu besar agar attachmentnya bisa di download dengan mudah oleh pihak HRD.

      Delete
  8. Kalo melamar kerja lewat email pake hp bisa gak?

    Kta tmn saya kalo ngrim lamaran kerja lewat email pak hp masuk kesanaya gk pas,gk cocok...aku sih kurang ngerti jga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada prinsipnya bisa. Tapi karena resolusi layar HP lebih kecil maka sebaiknya dalam membuat surat dan berkas lamaran dikerjakan pada komputer/laptop. Setelah filenya final, masukkan ke HP pakai bluetooth/kabel data. Lalu file lamaran dilampirkan di email pake HP.

      Delete
  9. ngirim langsung nya pake map apa amplop coklat gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lamaran biasa langsung amplop coklat saja tanpa map. Kecuali kalau diinfokan agar menggunakan map warna tertentu, biasanya kalau melamar CPNS/BUMN berkas lamarannya dimasukkan kedalam map warna tertentu dan dimasukkan kedalam amplop.

      Delete
  10. permisi min mau tanya kalo kita kirim lamaran via email itu kan harus scan, yg di scan data yg asli atau foto copyan?

    terimakasih

    ReplyDelete
  11. Dokumen yang asli yang di-scan.

    ReplyDelete
  12. Gini min kalo mau ngriim lewat email brrti dokumenya di foto dulu yh ,atau di ketik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen lamaran dan cv diketik.

      Delete
  13. Yee si mimin dapet pahala lewat bantu banyak orang \^o^/

    ReplyDelete
  14. kalau documen lamaran ditulus tangan lalu di scan, gmana ya gan? bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lamarannya diketik agar rapih. Kecuali jika ada syarat harus ditulis tangan.

      Delete
  15. surat keterangan kerja/paklaring perlu dilampirkan juga ga?

    ReplyDelete
  16. Tergantung mba. Jika:
    a. Ada syarat dokumen apa saja yang mesti dilampirkan: maka kita harus melampirkan dokumen2 tersebut.
    b. Jika tidak ada keterangan apa saja yang mesti dilampirkan: Bisa dilampirkan tapi bisa juga tidak (cukup dicantumkan keterangannya di CV pada bagian riwayat pengalaman kerja).

    ReplyDelete
  17. min klo penulisan surat kuning di surat lamaran gimana langsung surat kuning atau kartu tanda bukti pencari kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditulis seperti ini:
      - Kartu Tanda Pencari Kerja (Surat Kuning)

      Delete

Jika anda ingin berkomentar, silahkan isi pada form komentar. Komentar yang dipublikasikan adalah komentar yang terkait dengan konten artikel dan tidak spam :)

Copyright © 2015 Aneka Contoh Surat, Proposal, Laporan