Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja.Mungkin ada saat ini akan melakukan wawancara kerja? sudah siapkah anda menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh mereka?? kali ini kami akan berikan bocoran tentang hal yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja. Loh, kok saya tahu?? Jangan heran, dari sejak tahun 2009 lalu saya sudah mengikuti puluhan kali wawancara kerja dan sampai saat ini belum pernah keterima kerja.

Namun sebelumnya, bagi anda yang ingin segera mendapatkan panggilan dari perusahaan, sebaiknya cek artikel sebelumnya tentang : Tips Melamar Pekerjaan dan Cepat Mendapat Panggilan. Disana diterangkan hal yang perlu anda lakukan, intinya adalah pilih perusahaan yang tepat sebanyak-banyaknya kemudian kirimkan lamaran pekerjana anda. Oke, langsung saja ke topik utama Hal yang sering ditanyakan pada saat wawancara kera.
Pertanyaan wawancara kerja
Ilustrasi: Wawancara Kera
1. Identitas/Memperkenalkan diri.

Sudah pasti meskipun mereka tahu nama kita melalui dokumen yang pernah kita berikan, tapi mereka akan menanyakan hal ini kembali. Mungkin dari komunikasi pertama ini mereka pengen tahu gaya kita berbicara sekalian mencocokkan Identitas dengan kita. Mereka akan meminta anda untuk menceritakan tentang diri anda baik sifat kepribadian, aktivitas lainnya, hobby, keluarga dan lain sebagainya.

Contoh pertanyaannya adalah:
"Coba ceritakan mengenai anda"

Selain itu mereka akan menanyakan prihal apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan anda. Sudah pasti anda akan bingung dengan pertanyaan ini karena biasanya kita akan sulit menilai diri kita sendiri, yang pasti angan menawab kalau anda tiak punya kelemahan, semua orang pasti punya kelemahan,sebaikya siapkan jawaban-jawaban untuk pertanyaan poin 1 ini.

2. Sudah Pernah Kerja, Kenapa Berhenti?

Pertanyaan kedua yang sering ditanyakan saat wawancara kerja adalah memiliki pengalaman apa, sudah pernah kerja sebelumnya atau belum. Biasanya mereka mengulik informasi masa lalu karir kita dari Surat CV yang pernah kita berikan. Mereka ingin tahu kemampuan kita juga loyalitas kita. Contoh pertanyaannya adalah:

"Sudah pernah bekerja dimana dan kenapa berhenti??"

3. Kenapa Berminat Kerja Disini

Ini juga yang harus dijawab secara baik oleh anda, alasan anda memilih tempat kerja disini adalah apa?? masalahnya mereka juga tahu kalau anda juga pasti memasukkan lamaran kerja ke perusahaan lain. Makanya, jangan asal jawab uga jangan terlalu berlebihan dalam menjawab. misalkan, "karena perusahaan ini merupakan yang terbaik dan menjadi dambaan bagi siapa saja untuk kerja di perusahaan bapak", maka dari kalimat itu menunukkan kalau anda adalah seorang yang cari muka.

4. Berapa Gaji yang diinginkan

Nah biasanya pertanyaan ini sering sekali membuat anda bingung untuk menjawab, disini ada negosiasi yang harus cermat. Ada beberapa perusahaan yang memang menggaji anda sesuai dari penawaran anda pada saat wawancara, namun kebanyakan dari perusahaan telah memiliki standar gaji minimal untuk pegawai baru. Jika anda menjawab penawaran gai dengan nominal angka, tentunya mereka juga akan balik bertanya tentang apa yang bisa anda berikan dengan gaji sebesar itu. Sebaiknya anda mencari tahu dulu gaji minimal untuk pegawai baru diperusahaan yang sedang anda target.

5. Alasan Harus Menerima Anda??

Pertanyaan ini juga kerap dilontarkan pada saat Wawancara Kerja. Anda harus memiliki alasan yang rasional kenapa perusahaan harus merekrut anda. Jangan menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang berlebihan dan biasa dilakukan oleh banyak orang, sebaiknya jawab dengan jujur dan apa adanya. Perusahaan hanya ingin memperkerjakan orang yang memang benar-benar ingin bekerja dengan baik dan giat.

6. Balik Tanya

Biasanya diakhir wawancara, penanya akan memberikan kesempatan bagi anda untuk bertanya. Gunakan hal ini dengan baik, anda bisa menanyakan prihal prosedur kerja atau apa saja yang menyangkut hal positif dari pekerjaan diperusahaan ini. Jika anda bertanya secara langsung mereka akan melihat seberapa antusias anda terhadap perusahaan ini.

Nah, itulah beberapa Hal yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja. Sebaiknya pikirkan matang-matang untuk menawab semua pertanyaan dengan baik dan angan berlebihan agar tidak terkesan lebay atau cari muka. Semoga bermanfaat dan semoga temen-temen keterima kerja di perusahaan yang diinginkan. Amin.

Lihat Aneka Contoh Surat Lainnya :

2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Yang lagi nyari kerjaan, Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja ane ya Lowongan Kerja BUMN Terbaru

    ReplyDelete

Jika anda ingin berkomentar, silahkan isi pada form komentar. Komentar yang dipublikasikan adalah komentar yang terkait dengan konten artikel dan tidak spam :)

Copyright © 2015 Aneka Contoh Surat, Proposal, Laporan