Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas

Contoh surat perjanjian jual beli mobil bekas itu penting agar tidak terjadi salah paham antara pihak yang bertransaksi antara pihak pembeli maupun penjual. Perjanjian jual beli mobil second dibuat oleh pihak penjual mobil yang hendak menjual mobilnya kepada calon pembelinya. Surat ini pada umumnya ada beberapa format standar untuk perjanjian jual beli mobil bekas yang wajib ada. Tapi sebelum itu mari kita lihat terlebih dahulu apa manfaat dari surat jual beli mobil bekas ini.

Manfaat bagi penjual :
  • Memastikan bahwa pihak penjual adalah pemilik sah mobil yang hendak dijual.
  • Memastikan agar proses pemindahan hak kepemilikan mobil (BPKB) akan segera dilakukan setelah akad pembayaran dilakukan.
  • Memastikan metode pembayaran yang tepat dan disetujui kedua belah pihak.
  • Menghindari adanya permasalahan yang mungkin saja terjadi setelah serah terima mobil bekas.
Manfaat bagi pembeli:
  • Memastikan bahwa pemilik aslilah yang menjual mobil.
  • Memastikan tidak ada unsur tipu menipu dalam transaksi jual beli mobil bekas.
  • Memastikan agar spesifikasi mobil yang dijual sama dengan spesifikasi yang ditawarkan dalam iklan atau penawaran sebelumnya.
  • Memastikan jaminan mobil sesuai dengan kondisi penawaran semula dengan segala kondisi plus minusnya.
Dengan adanya bukti tertulis dalam surat perjanjian jual beli mobil bekas akan memberikan legalitas dan kenyamanan dalam transaksi yang nilai rupiahnya lumayan besar. Karena tentu saja baik pembeli maupun penjual tidak ingin terjadi sengketa akibat kesalahpahaman dalam transaksi jual beli mobil second ini.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas

Nah berikut ini format contoh surat jual beli mobil bekas. Silahkan dicermati isinya.



Format Contoh Surat perjanjian jual beli mobil bekas diatas dapat anda pelajari karena sangat penting untuk kelancaran proses transaksi pengalihan kepemilikan kendaraan roda empat. Sebab jika tidak dicermati, mungkin saja akan ada kesalahpahaman yang timbul dan akan sulit diatasi tanpa adanya pengorbanan dari salah satu pihak yang mengalah. Bagi anda sebagai penjual maka anda perlu membangun dan menjaga reputasi sebagai penjual terpercaya karena semakin amanah anda maka akan banyak orang yang percaya dan ingin bertansaksi dengan anda.

Demikian format contoh surat perjanjian jual beli mobil bekas. Semoga dapat membantu anda dalam proses transaksi jual beli mobil. Baca juga aneka contoh surat lainnya agar anda memiliki pengetahuan bagaimana membuat surat resmi yang baik dan benar.

Lihat Aneka Contoh Surat Lainnya :

Copyright © 2015 Aneka Contoh Surat, Proposal, Laporan