Tips Aman Mencari dan Melamar Pekerjaan Secara Online

Tips Aman Mencari Kerja Secara Online - Mencari kerja sekarang ini cukup mudah, anda gak perlu beli koran setiap hari atau mendatangi perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan. asalkan anda punya komputer atau laptop dan terhubung dengan internet, anda bisa mencari lowongan pekerjaan secara online, atau minimal cukup ke warnet saja untuk mencari informasi lowongan kerja terbaru.

Bahkan anda gak perlu membawa surat lamaran an menyampaikannya langsung ke perusahaan yang dituju, saat ini anda hanya perlu menggunakan email untuk melamar pekerjjaan, setelah itu tinggal tunggu beberapa hari untuk mendapat telpon panggilan kerja. memang cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja anda perlu hati-hati dalam memilih perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, niatnya mencari pekerjaan, eh malah ketemu perusahaan abal-abal.

Saya sendiri pernah mengalami hal itu dimana pada saat baru lulus kuliah dan masih awam dalam hal mencari pekerjaan, akhirnya saya melamar ke salah satu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online, bahkan informasinya juga ada di koran. Sayapun pergi untuk melamar, tak tahunya kantornya hanya sebuah rumah kecil yang tidak seperti sebuah kantor, saat wawancara saya disuruh bayar Rp.50.000 untuk administrasi. Saya pikir ini adalah penipuan, dan benar saja, ini adalah Penipuan.
Memcari Kerja secara Online
Ilustrasi: Mencari Pekerjaan secara Online
Jangan sampai anda mengalami hal yang sama seperti saya, ada banyak perusahaan sungguhan yang membuka Lowongan pekerjaan dan ada banyak pula perusahaan abal-abal yang membuka lowongan pekerjaan. Ada beberap hal yang perlu anda perhatikan dalam mencari dan melamar pekerjaan secara online diantaranya:
"Lihat Nama Perusahaan, alamat jelas perusahaan, No Telpon serta Website Resmi".
Dari data diatas anda bisa menganalisa sendiri perusahaan tersebut memang benar-benar ada dan kredibel. Anda bisa melihat dari website resminya biasanya terdapat jenis usaha, susunan direksi dan lain sebagainya. Setelah itu alamat lengkap dan No Telpon juga jelas.

Biasanya jika anda telah melamar pekerjaan bisasanya butuh waktu minimal seminggu hingga ada panggilan, dan untuk melakukan tes pertama akan diberitahukan berupa di gedung perusahaan atau gedung lainnya dengan waktu yang ditentukan mereka. Sementara Jika yang berbau penipuan, biasanya akan disuruh ketemu dengan Bapak atau Ibu tertentu, Jangan mau kalau sampai dimintai uang sebagai administrasi.

Baca Juga: Cara Mengirim Lamaran dengan Email

Jika melamar pekerjaan secara online, sebaiknya lamarlah dari situs-situs lowongan kerja yang terercaya seperti JobStreet dan JobsDB. Jika anda mengirim surat lamaran ke email perusahaan, sebaiknya teliti nama email tujuan, jika benar dari sebuah perusahaan maka alamat email tujuan biasanya berbasis web perusahaan.

terakhir, anda harus tetap hati-hati dalam memilih lowongan pekerjaan secara online, lakukan tips diatas agar anda terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan. Nah demikian Tips Aman Mencari dan Melamar Pekerjaan Secara Online, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Salam.

Lihat Aneka Contoh Surat Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Jika anda ingin berkomentar, silahkan isi pada form komentar. Komentar yang dipublikasikan adalah komentar yang terkait dengan konten artikel dan tidak spam :)

Copyright © 2015 Aneka Contoh Surat, Proposal, Laporan