Cara Membuat Proposal Bantuan Dana Ternak Bebek

Tertarik beternak bebek tapi tidak punya modal? Ajukan saja proposal bantuan dana. Inilah cara membuat proposal bantuan dana ternak bebek agar proposal kita disetujui.

Kebanyakan dari kita menginginkan mempunyai usaha sendiri ketimbang harus bekerja kepada orang lain, dengan kata lain menjadi wirausaha adalah cita-cita. Namun sayangnya, untuk menjadi seorang pengusaha terkadang kita berpikiran harus mempunyai modal yang tidak sedikit. Padahal banyak juga contoh yang menjadi wirausaha sukses dengan modal pas-pasan. Yang penting memiliki visi dan misi atau mempunyai tekad dan strategi yang jitu untuk menjadi sukses.

Permasalahan modal membuat kita sulit melaksanakan tujuan kita menjadi wirausaha, salah satu cara mengatasi masalah modal yakni dengan mengajukan permodalan ke instansi perbank-kan atau anda bisa langsung mengajukan proposal permohohan modal ke pemerintah setempat. Dan perlu diketahui, Pemerintah sebenarnya memiliki anggaran besar yang ditujukan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah, Caranya tentu saja dengan mengajukan proposal sesuai prosedur. Anda tinggal menentukan sendiri usaha apa yang ingindigeluti.

Namun anda akan mendapatkan peluang cukup besar jika usaha yang digeluti dibidang pertanian, perternakan dan pertanian. Salah satu contoh kita akan membuat proposal bantuan dana Ternak bebek. Namun disarankan anda sudah memiliki usaha ternak bebek terlebih dahulu, jadi proposal bantuan dananya bersifat pengembangan usaha agar peluang cair nya semakin tinggi. APa saja yang perlu dipersiapkan dalam proposal tersebut? Berikut Urutannya.
Proposal Ternak bebek

1. Surat Pengantar Permohonan Dana

Sebelumnya anda harus membuat kelompok tani ternak bebek terlebih dahulu yang terdiri dari beberapa orang juga terdapat struktur organisasinya yang meliputi ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian membuat surat pengantar proposal permohonan dana yang ditujukan ke pemerintah setempat, kalau skalanya Kabupaten maka ditujukan ke Bupati melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten anda.

Isi surat menyatakan permohonan dana dengan melampirkan proposal Bantuan Dana Ternak Bebek kelompok tani anda. Juga sertakan jumlah dana yang dibutuhkan. Surat tersebut ditanda tangani oleh ketua kelompok tani dan sekretaris juga mengetahui Kepala Desa anda.

2. Proposal Ternak Bebek

Proposal Tenak Bebek isinya terdiri dari:
a. Pendahuluan
Yang berisikan kenapa anda memilih usaha ternak bebek serta potensi keuntungan bisnis ternak bebek. Serta Perkembangan dunia ternak bebek dimasa yang akan datang.

b. Tujuan
Tuliskan tujuan anda membuat proposal ternak bebek.

c. Target
Apa target dari ternak bebek kelompok tani anda.

d. Manfaat
Tentunya ternak bebek akan memberikan manfaat baik bagi kelompok tani maupun bagi masyarakat setempat. Tuliskan poin-poinnya secara terperinci.

e. Gambaran Peluang
Peluang usaha ternak bebek perkembangannya kedepan akan seperti apa.

f. Persyaratan Lokasi
Tentu saja ternak bebek sedikit banyak akan mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar karena akan menimbulkan bau tak sedap, maka anda perlu melokalisir tempat ternak bebek tersebut yang tentunya jauh dari pemukiman.

g. Teknis Budidaya
Pastinya secara teknis anda memiliki tahapan-tahapan dalam pembudidayaan bebek sampai pada pemasaran dan keuntungan.  sebutkan secara terperinci, Misalnya dari Perkandangan, Bibit unggul, Pakan ternak, Tata Laksana dan pemasaran hasil ternak.

h. Biaya Produksi
Sebutkan total biaya produksi ternak bebek yang akan dilaksanakan.  Kemudian dalam proposal ternak bebek ini berikan informasi secara terperinci mengenai apa saja yang dibutuhkan dan anggaran masing-masing itemnya. Misal Membutuhkan kandang dengan dana 7 juta ukuran kandang sekian, kemudian Pakan selama 3 bulan dengan dana sekian dan seterusnya.

i. Penutup.
Berikan penutup yang baik. Kemudian dibagian bawah proposal permohonan dana ternak bebek ditanda tangani oleh ketua dan sekretaris kelompok tani dan kepala desa. Lampirkan juga susunan organisasi kelompok tani anda.

Nah anda tinggal mengembangkan step by step cara membuat proposal bantuan dana ternak bebek kelompok tani anda. Anda juga bisa mengembangkan proposal diatas dengan jenis perternakan lain. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lihat Aneka Contoh Surat Lainnya :

1 komentar:

  1. Terimakasih telah berbagi informasinya sangat membantu :)
    s.id/5Ei

    ReplyDelete

Jika anda ingin berkomentar, silahkan isi pada form komentar. Komentar yang dipublikasikan adalah komentar yang terkait dengan konten artikel dan tidak spam :)

Copyright © 2015 Aneka Contoh Surat, Proposal, Laporan